Senin, 18 Maret 2013

Seklumit Materi tentang Fluida (fisika)

Fluida: Fisika Kelas XI SMA Semester 2
Fluida:
Fluida dapat disebut juga sebagai zat alir. Atau lebih lengkapnya disebuta zat yang dapat mengalir. Kita ketahui bahwa zat atau benda terbagi menjadi tiga jenis yakni padat, cair dan gas.

Manakah yang termasuk pada Fluida?
dari ketiga jenis zat tersebut yang merupakan fluida adalah gas dan cair.

Konsep Awal:

Tekanan Pada Zat Padat
Apa yang dimaksud dengan tekanan?

Tekanan adalah gaya yang diberlakukan terhadap satuan luas tertentu. Tekanan berbanding lurus dengan gaya yang diberikannya dan berbanding terbalik dengan luas daerahnya. Semakin besar gaya maka semakin besar tekanan, kebalikan dengan luas, semain luas daerah yang ditekan maka semakin kecil tekanannya.

Sesuai dengan persamaan berikut: Rumus Tekanan pada Zat Padat


Ket:
P = Tekanan (N/m*2) atau Pascal (Pa)
F = Gaya (N)
A = Luas Permukaan (m*2)


Apakah buktinya bahwa dengan luas permukaan yang besar tekanan kecil? Coba tebak apa yang terjadi saat seorang perempuan menginjak tanah lumpur dengan memakai sepatu hak tinggi dengan sepatu tidak memiliki hak? jawabannya pastilah dengan memakai sepatu berhak tinggi akan membuat tanah lumpur tertekan lebih dalam dibandingkan dengan yang tidak berhak.

Atau contoh lain, manakah yang lebih sakit saat ditusuk jarum suntik ketika diobati dokter dengan ditusuk tangan telunjuk? jelas suntikan lebih sakit karena luas permukaannya sangat kecil.

Lalu Apa Hubungannya Tekanan dengan Fluida?

tekanan pada ban
Tekanan Pada Ban, gambar: ck-12.org

Semua fluida memberikan tekanan seperti udara di dalam ban. Partikel-partikel dari fluida terus bergerak ke segala arah secara acak, pergerakan tersebut menabrak partikel satu sama lain. Tabrakan ini menyebabnkan tekanan, dan tekanan yang diberikan merata ke segala arah

Ketika partikel dikumpulkan di dalam satu bagian dari ruang tertutup, seperti partikel udara yang memasuki ban, partikel-partikel tersebut dengan cepat menyebar untuk mengisi semua ruang yang tersedia. Itu karena partikel udara selalu bergerak dari daerah tekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. Hal ini menjelaskan mengapa udara yang masuk ban melalui lubang kecil dengan cepat mengisi ban keseluruhan.

Jenis-Jenis Fluida
Fluida digolongkan menjadi dua jenis yaitu: Fluida Statis dan Fluida Dinamis. Apa perbedaannya? Fluida statis adalah fluida dalam keadaan diam sedangkan fluida dinamis adalah fluida dalama keadaan bergerak.

Kita Pelajari Materi ini di Halaman posting berikutnya:(Klik Link di Bawah Untuk Mempelajari Materi Fluida).

Fluida Statis:
Berikut adalah beberapa hal yang dipelajari dalam fluida statis:
  1. Tekanan Hidrostatis
  2. Tekanan Mutlak
  3. Asas Bejana Berhubungan
  4. Hukum Pascal
  1. Hukum Archimides
  1. Tegangan Permukaan
  2. Kapilaritas
Fluida Dinamis:
Berikut adalah materi yang dipelajari dalam fluida dinamis:
  1. Debit Air
  1. Persamaan Kontinuitas
  1. Azas Bernoulli yang terdiri dari: Toricelli, Venturimeter, Manometer, dan Tabung Pitot serta Gaya Angkat Pesawat.
  2. Viskositas
Tambahan:
Contoh soal Tekanan Pada Zat Padat:

tekanan penari

jika seorang penari break-dancer seperti gambar diatas memiliki berat badan  500N menekan lantai dengan luas permukaan yang tersebar merata sebesar 0.75 m2 berapakah tekanan yang diberikan?

Jawaban:

\mathrm{Pressure=\frac{500N}{0.75m^2}}= 670 Pa, or 0.67 kPa

!!!!!!!!!!!

Dear Blog :*

lama tak jumpa my blog,kangen nih pengin nulis2 ga jelas kek gini...
gimana kabar mu blog ? sehat kah...
blogerrrrrrrrrrrrrrrr kenapa si hidupku begini-begini saja engga ada perubahan ?
BT dehhh,ini ciyuss lohhhhhhhh
bantu aku dong blog biar hidup aku lebih berkesan dan berwarnaaaaa :)

ini photo terbaru akuuuu
"tapi ini juga udah lama ding,pengin hunting tapi engga ada temen *kasian T.T"

Minggu, 09 Desember 2012

Fanindaa...

Hay lama tak jumpa blogger..

hari ini saya kegugu sama temen saya yang bernama fanindaaaa...
anak pangpeng cekawi yang suka bikin aku ngakak wkwkwk
tapi walaupun dia pangpeng tetep dia pinter tanpa belajar pun bisa ngerjain soal2 uas nilainya juga bagus..
bejo kali yaaa..

wis lah aku arep golet materi lompat harimau hhahahah :p

Rabu, 03 Oktober 2012

Berhijab :))

HAPPY ! kemarin saya belajar berhijab para sahabat blogger,saya senang memakai kerudung. Bagi saya kerudung itu sangat berharga,bagaimana menurut kalian ? Dan ini photo-photo saya saat belajar berhijab... Bagaimana pendapat anda? Yaa memang tak terlalu bagus dan ini tahap pembelajaran saya agar bisa lebih baik dari ini :))





Selasa, 02 Oktober 2012

Remember You


28 September 2012,kemarin sepulang sekolah aku langsung keowabong biasa eskul renang tapi ga bisa2 hhaha cuman gaya doaang,soalnya takut tenggelam perasaanya.. kalo latian badanne gak bisa lemes musty kaku makanya ga bisa-bisa. Setelah selesai renang & ganti baju aku pun langsung pulang,dari owabong sampai kepertigaan jalan kaki,capee!,lumayan jauhh. Mau ikut temen naik motor gak boleh  sama ibu,yaa udah deh seperti biasa naik bis J (sudah jadi resiko). Nunggu bisnya juga lumayan lama,bis pertama pun lewat tapi penuh banget jadinya aku gak jadi naik males kalo dempet2n,panas!pengaap.. yaa akhirnya nunggu bis yang kedua,sambil duduk ditrotoar ga jelas gitu. Waktu aku lagi nunggu bis aku liat sesosok anak naik motor yang mirip banget dia,iya dia.. cowok itu juga liatin aku kayanya dia mau jemput sapa gitu,tapi baliknya lagi dia sendirian dan liatin aku lagi #pedee tingkat dewa hhaha. Saat naik bis pun aku jadi kebayang2 sesosok cowok itu dan aku jadi keinget DIA..  jadi kangen waktu itu,pengin balik kewaktu itu.. Dan kapan aku bisa ketemu dia lagi? Dan berharap dengan sangat berharap aku bisa ketemu dia lagi .. entah kenapa aku bisa sangat menyukainya?  Apakah ini cinta ato sekedar kagum ? yaah khayalanku yang terlalu tinggi buat dapetin dia,dan itu tak mungkin! SADAR SADAR SADAR KAU GIRL !

Yanuar ariffiatul faritsa


Lebaran di Akademi kepolisian semarang 19-20 agustus 2012



Yaa walaupun lebaran kemarin udah lewat,tapi aku mau cerita nih sedikit pengalaman lebaran kemarin myblog. Jam 3 pagi pun aku bersiap-siap buat berangkat kesemarang sekaligus lebaran disana, untuk pertama kalinya aku lebaran gak bareng sama keluarga tapi sama tante,om terus sepupu aku.  Kalau diinget-inget itu hal yang sedikit memalukan,soalnya saat itu aku belum mandi terus pakai baju tidur yang udah gak layak pakailah kalu buat pergi-pergi. Keadaan yang sangat tidak memungkinkan buat aku mandi sama ganti baju, setiap di POM Bensin yang aku lewati penuh semua maklumlah banyak orang yang mudik belum sampai tujuan sama kaya aku hijrah dari pemalang ke semarang. Akhirnya om memutuskan untuk sholat ied dipekalongan dengan terpaksa dan berat hati aku sholat ied tanpa keadaan yang pantes buat hari yang fitri ini,semoga hal yang seperti ini untuk pertama kali dan terakhirlah.. dan waktu sholat ied aku bener-bener malu baget semua mata seolah-olah tertuju kepada aku tapi cueek ajalah gaya mutados gitu hhehe setelah sholat ied selesai akupun lanjutin perjalanan yang tinggal beberapa jam aja. Setelah sampai om ama tante nyari-nyari penginepan tapi lumayan lama juga si soalnya rata-rata penginepannya penuh,setelah kita udah dapetin penginepan aku pun langsung bersih2 mybody hhaha biar kecee gitu kan mau ketemu abang2 akpol :). Waktunyaa kita masuk ke detasemen 47 satryo pambudi luhur akpol, terbayar sudah semuanya rasa cape,dll setelah sampai ketempat tujuan yaitu nenggok mas afi eets nengok bukan berarti lagi sakit yaa, mas afi alhamdulilah ketrima diakpol,dia gak boleh pulang soalnya lagi ditrening gitulah semacamnya.. dan akhirnya kita yang kesemarang dehh  mas afi itu anaknya tantee,senang rasa bisa bertemu mas afi yang sudah terlalu lama tak berjumpa seneng juga bisa liat abang2 ganteng yang gantengnya super-duber waoow hhehe..rasanya ingin memiliki para pejantan tangguh itu hhaha :P tapi mataku tertuju pada seseorang yang bernomor pungung 21 yaaa aku ketemu dia lagi untuk ke-2kalinya (sebelumnya aku udah pernah kesini buat sport mas afi yang agi tes akademik) terpesonanya aku sama dia yang terlihat perfect bagi aku buat dijadiin pacar “ngimpi kali yee” pandanganku tak henti-hentinya buat mandang dia yang terlalu indah dimataku #lebayy* dan pada akhirnya aku tau nama dia yang tertera nemplok dibaju depannya sebelah kanan atas, nama dia berinisial D-E. tadinya aku setikit pangling soalnya potongan rambutnya udah gak kaya pertama aku lihat, sekarang potongan rambutnya botak disama ratakan kaya abang2 akpol lainnya tapi tetep cool kok hhehe. Dihari berikutnya bapak,ibu sama mas dan sodara2 yang lain nyusul kesemarang juga, seneng rasanya bisa kumpul-kumpul kek gitu rasa kehangatan dan keakraban dalam keluarga serasa berjalan dengan baik.  Tak terasa waktu pun menunjukkan pukul 3 sore yang artinya kita harus berpisah sama mas afi,soalnya mas afi pulangnya masih lama(cemungut ya mas afi ! disini kita selalu mendukungmu),dan itu semua artinya aku pun harus berpisah sama abang2 ganteng yang seper-duber waoow sedih rasanya :(. Serasa 2hari hal yang sangat singkat buat dilalui,disana aku merasakan banyak kenangan yang tak pantas buat dilupakan J pengalaman berharga yang gak semua orang bisa seperti ini, semua ini bakalan aku inget sampai kapanpun. Makasih tante udah ngajak aku kesini,semua ini begitu mengesankan ingin rasanya kembali kesana lagi, yaa semoga aku bisa berjumpaa lagi di akademi kepolisian semarang :) miss you AKPOL :(:)

Minggu, 23 September 2012

A little crazy

A Little Crazy
 Hay sahabat blogger,wekend minggu ini serasa sama saja seperti hari senin-sabtu ! eaaak* serasa terbebani dengan tugas-tugas sekolah yang semakin hari semakin menempuk. Saya rasa kali ini saya salah mengampil keputusan yang sebenarnya besik saya ini ada di ips malah saya kesliru mengambil jurusan ipa yang sebenarnya bukan dibesik saya.
Saya mengambil jurusan ipa karna menuruti keinginan orang tua saya,saya hanya ingin membahagiakan orang tua saya. Dan ternyata hari demi hari saya lalui minggu ke minggu dan akhirnya sampai bulan kebulan tak ada perubahan dalam diri saya,ketika guru mipa mengadakan ulangan nilai saya tidak mengembirakan serasa jatuh dari langit ketujuh..#debuuukk Tapi saya akan selalu dan selalu berusaha menjalani hari demi hari dengan baik dengan apa yang saya putuskan,karna hidup adalah pilihan dan tidak ada usaha yang sia-sia selagi kita mau berusaha,ketika kita terburuk kita harus bangkit karna Allah akan memberikan jalan yang terbaik untuk saya. Saya juga ingin sukses seperti orang-orang yang lainnya,dan saya ingin membuat orang tua saya bangga kepada saya dan hal yang terpenting bagi saya,saya bisa membuat kedua orang tua saya tersenyum karna saya.

Yanuar Ariffiatul Faritsa